Profil ~ Agenda ~ Program Training ~ Trainer ~ Foto Album

Senin, 28 September 2009

OUTBOUND

OUTBOUND

Jenis permainan out bound yang kami miliki terdiri dari
Individual Game dan Team Work Game.
Keduanya memiliki muatan nilai - nilai education
(comunication, problem solving, team work, leadership, and personality).


A. INDIVIDUAL GAME

Bentuk permainan yang ada, antara lain : Flying Fox, Rapling, Titanic, Smash Ball, Junggle Tracking, Jala ABRI, dll.

Individual Game adalah berbagai jenis permainan yang dimainkan secara individu. Berbagai permainan yang ada mengandung muatan nilai – nilai sebagai berikut :

a. Kepemimpinan & Motivasi :
Nilai kepemimpinan & motivasi ; keberanian mengambil keputusan dan keyakinan untuk mencoba sesuatu yang baru dan menantang dari setiap peserta akan diuji dalam permainan ini.

b. Attitude & Behaviour (sikap dan perilaku) :
Potensi dan Karakteristik setiap individu (sikap & perilaku) dari setiap individu akan muncul dan terlihat jelas dalam proses permainan ini.


B. TEAM WORK GAME
Bentuk permainan yang ada, antara lain :
Arung Jeram, Cross The River, Bola Bergulir, Super Mario Bross, Bomb Evacuation, A Walker, Spider Web, dll.

Team Work Game adalah berbagai jenis permainan yang dimainkan secara berkelompok. Berbagai permainan yang ada mengandung muatan nilai – nilai sebagai berikut :

a. Komunikasi :
Untuk dapat menyelesaikan setiap permainan peserta harus berkomunikasi satu sama lain guna menyusun berbagai strategi, tujuanya agar tim tidak hanya sekedar dapat menyelesaikan permainan, namun lebih dari itu setiap tim harus dapat mengalahkan tim lainnya.

b. Problem Solving & Manajemen Konflik:
Setiap permainan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dan telah diatur sedemikian rupa sehingga tantangan / kesulitan dari setiap permainan satu ke permainan yang lainnya semakin meningkat. Kemampuan tim untuk dapat dengan sistematis, tepat dan cepat menemukan solusi akan diuji melalui permainan yang dilakukan. Perdebatan dan konflik individu tentunya akan muncul pada saat menyusun strategi, dari sinilah peserta akan diajak untuk mengalami proses dalam memahami dan menejemen konflik dan problem solving.

c. Kerjasama Tim :
Setiap permainan menuntut adanya kertelibatan aktif dari setiap peserta (komitmen & loyalitas), jika terdapat satu orang saja dari anggota tim yang pasif dipastikan akan menghambat keseluruhan usaha tim untuk dapat mencapai garis finis / meyelesaikan permainan dengan baik.

d. Kepemimpinan :
Nilai kepemimpinan seperti ; kemampuan untuk memimpin tim dan kemauan untuk dipimpin dari setiap individu peserta akan teruji melalui permainan ini.

e. Attitude & Behaviour (sikap dan perilaku) :
Potensi dan Karakteristik setiap individu (sikap & perilaku) dari setiap individu akan muncul dan terlihat jelas dalam proses permainan ini. Nilai – nilai tentang sikap & perilaku (komitmen, loyalitas, kedisiplinan, serta empati) akan diajarkan lewat permainan ini.

f. Kepercayaan Antar Individu.
Keberhasilan tim untuk dapat menyelesaikan permainan dan berkompetisi dengan tim lain akan sangat ditentukan dari kemauan setiap peserta untuk mempercayai peserta lain, serta kemampuan setaip peserta untuk meyakinkan peserta lain bahwa dirinya dapat diandalkan oleh tim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar